11 Nov 2007

Berjuta Mimpi Satu Visi Inspirasi Indonesia!

Sabtu, 10 November 2007 sekitar 130 alumni Siaware berkumpul di Aula Barat untuk bereuni sekaligus menghimpun mimpi - mimpi kami dalam acara Berjuta Mimpi Satu Visi Inspirasi Indonesia. Oh ya, dalam reuni kali ini kami juga melaksanakan metode training Appreciative Inquiry yang sudah banyak dipake lembaga - lembaga asing. Jadinya reuni kali ini penuh makna, ga sekedar haha hihi doank...;)

Acara dimulai jam 8.30 oleh ketua panitia Wibi , dan kemudian dilanjutkan oleh Bu Devi & Bu Nani sebagai trainer. Kata kunci hari itu adalah : KREATIF, POSITIF, dan PARTISIPATIF.
Ada 4 langkah yang dilakukan dalam Appreciative Inquiry seperti gambar dibawah :

Nah selanjutnya kami menerapkan 4-D Cycle ini dalam merangkai impian kami untuk Indonesia di tahun 2020.

DISCOVERY
Pada tahap ini kami mengeksplorasi diri sendiri, kelompok kecil dan kelompok besar tentang apa saja hal - hal positif yang kami miliki. Selanjutnya kami juga menuliskan hal - hal positif yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

DREAM
Disini
kami membayangkan apa yang akan terjadi di Indonesia tahun 2020 jika semua hal - hal positif tadi dapat dimanfaatkan & dikembangkan dengan baik. Apa yang kami bayangkan kemudian dibagi kepada teman sekelompok.
DESIGN
Selanjutnya adalah mendesain isi mimpi kami tentang apa yang terjadi di Indonesia pada tahun 2020. Disini masing - masing kelompok menampilkan mimpi dalam bentuk lagu, gambar maupun drama. Sehingga pada akhirnya terciptalah visi kami bahwa Indonesia 2020 adalah Indonesia yang
....
1. Mandiri
2. Pendidikannya maju, gratis, dan berkualitas
3. Lingkungan hijau, asri, bersih dan tertata
4. Maju dan sejahtera (Pendidikan dan Kesehatan)
5. Agamis
6. Penegakan hukum
7. Aman, nyaman, disiplin dan tertib

Visi kami ini kami tuangkan pada gambar Garuda & lirik lagu gubahan kami (dengan memakai nada lagu Bendera)
DESTINY
Langkah terakhir adalah menentukan apa yang akan kami lakukan demi terwujudnya impian kami untuk Indonesia 2020. Dengan memaparkan program kerja dari tiap kelompok kecil, maka terbentuklah 5 kelompok besar berdasarkan bidang :
1. Pendidikan (Kepala Sekolah : Ilham)
2. Industri (Menteri Perindustrian : Wibi)
3. Lingkungan (Tetua Aktivis Lingkungan : Enang)
3. Budaya (Ketua Budayawan : Gitong)
4. UKM (Pembimbing UKM : Rifki)
Akhirnya masing - masing individu menuliskan komitmennya untuk memberikan kontribusi terhadap program kerja di bidangnya masing - masing.

Di sela - sela acara kami, Rizal Ramli sebagai salah satu alumni ITB datang memaparkan mimpinya tentang Indonesia. Serta berbagi cerita tentang apa yang sudah dan akan dia lakukan dengan lembaganya 'Bangkit Indonesia'. Sebelum beliau pulang ke Jakarta, kami memberikan piagam kepadanya dengan tulisan :
"Bersama Ini Kami Titipkan Satu Keping dari Berjuta Mimpi yang Kami Miliki Karena Kami Percaya Pada Siapa Kami Berbagi, yaitu Seorang Rizal Ramli"

Dengan mimpi, tekad & komitmen kami masing - masing, serta dukungan teman - teman smua. Kita bisa bersama - sama mewujudkan Indonesia yang kita impikan...


Berjuta Mimpi Satu Visi Inspirasi Indonesia!

0 komentar:

Posting Komentar