3 Jan 2007

Tetipu!!!!

Ada - ada saja berita dari negeri ini. Kemarin kita dikejutkan oleh berita hilangnya pesawat Adam Air, dan hari ini semua stasiun TV berlomba - lomba menyajikan berita terbarunya tentang jatuhnya pesawat Adam Air dari pagi hingga sore. Semua berbicara tentang telah ditemukannya bangkai pesawat dengan 12 penumpang selamat, mulai dari Kepala Desa, Kapolres hingga Menteri Perhubungan unjuk bicara mengenai informasi ini. Namun ironisnya ternyata semua informasi itu BOHONG belaka... Negara yang aneh....
Tertipu..... (pake nada lagunya Nugie...)

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tragedi AdamAir
Orang se-Indonesia Kena Tipu
Nurul Hidayati - detikcom

Kronologi "berita bohong" itu:

08:15 WIB
Lanud Hasanuddin c.q Kapten Mulyadi dan Danlanud Marsekal Utama Eddy Suyanto mengumumkan bangkai pesawat AdamAir ditemukan di Desa Ranguan, Kecamatan Matangnga, Kabupaten Polman, Sulbar. Informasi didapat dari masyarakat setempat yang telah menemukan pesawat dan jenazah. 12 Orang dinyatakan selamat. Sisanya diduga tewas. Tim SAR berangkat ke TKP bersama pejabat terkait dari Lanud Hasanuddin, Kapolda Sulsel hingga Bupati Polman.

09.15 WIB
Menhub Hatta Rajasa memastikan bahwa AdamAir telah ditemukan. Data sementara yang didapatnya 90 orang tewas dan 12 orang selamat.

11.45 WIB
Wartawan bergerak dari Makassar menuju Polman, lokasi jatuhnya AdamAir, lewat darat.

12.43 WIB
Danlanud Hasanuddin Marsekal Utama Eddy Suyanto menyatakan, 90 jenazah musibah AdamAir telah ditemukan, tapi 12 lainnya masih dicari, bukan selamat.

17:26 WIB
Wartawan yang sudah 30 km dari Desa Ranguan, menyatakan bahwa warga setempat belum melihat satu pun jenazah AdamAir yang dievakuasi.

18.00 WIB
KNKT menggelar jumpa pers dan menyatakan informasi yang didapatnya bahwa korban tewas ada 90 orang. Sayangnya, tim SAR tidak bisa bergerak mendekati Desa Ranguan karena hujan deras.

18:47 WIB
Dari Polman, wartawan menyatakan Tim SAR belum bergerak ke Desa Ranguan. Bukan karena hujan deras, tapi karena titik ordinat belum ditemukan. Heli berputar-putar terus, tidak juga menemukan bangkai AdamAir. Warga juga tidak pernah melihat ada pesawat jatuh. Beredar spekulasi bangkai AdamAir tidak berada di tempat itu.

18.50 WIB
AdamAir menggelar jumpa pers dan menyatakan kabar 90 tewas dan 12 selamat merupakan informasi masyarakat.

19.00 WIB
Menhub Hatta Rajasa dan Danlanud Hasanuddin menggelar jumpa pers di Lanud Hasanuddin, menyatakan bahwa AdamAir masih hilang. Lokasi jatuhnya pesawat di Ranguan adalah tidak benar. Nasib penumpang dan awak AdamAir masih gelap. Menhub dan Danlanud minta maaf. Menhub menyatakan, informasi awal didapat dari masyarakat setempat yang melapor ke pejabat di atasnya.

Informasi lainnya menyebutkan, "kabar bohong" itu tersebar dari masyarakat, didengar Dandim, lalu mampir ke Polres Polman, terbang ke Polwil Pare-pare, lalu hadir di tim SAR TNI AU. Lantas ke Kapolda, Pangdam, hingga Menhub dan tersebar di seluruh dunia.
detik.com, 2 Januari 2007

0 komentar:

Posting Komentar