19 Sep 2006

Warga Negara Indonesia VS Bangsa Indonesia

Perdebatan tentang 'KEBANGGAN SEBAGAI BANGSA INDONESIA' di milis oseanografi, memancing gw untuk urun pendapat. Terlebih lagi karena adanya tulisan seorang teman yang menganggap dirinya 'MANTAN BANGSA INDONESIA' hanya karena dia mau berangkat ke Jepang bulan depan... Emangnya ada ya istilah "MANTAN BANGSA?"

Setau gw, yang namanya status kebangsaan seseorang ga akan lepas sampe mati!!
Kta bisa bilang 'GW MANTAN WARGA INDONESIA' tapi kita ga bisa bilang ' GW MANTAN BANGSA INDONESIA'.
Mau ke ujung duniapun kta pergi atau berapa kalipun kta pindah kewarganegaraan, kta tetaplah keturunan BANGSA INDONESIA!!!!
(analoginya, lo bisa punya MANTAN ISTRI, tapi lo ga bisa punya MANTAN IBU)
Saat kta berbicara WARGA NEGARA kta akan berbicara tentang STATUS HUKUM, tapi saat kta berbicara BANGSA kta akan berbicara tentang ASAL USUL kta....

Terlepas dari segala keburukan bangsa ini, bukankah tugas kta generasi muda untuk memperbaikinya?!
Ok, mungkin terlalu muluk2 untuk memperbaiki negeri ini sendirian, tapi bukan berarti ga mungkin kan?!!
Daripada sibuk mikirin gimana merubah orang lain, kenapa kta ga berpikir untuk memperbaiki diri sendiri?
Pertanyaannya, jika semua anak muda memiliki antipati yang amat sangat akan bangsa ini, apakah kemudian keadaan bangsa ini akan menjadi lebih baik?!!

Udah deh, ngomongin topik ini ga bakal ada habisnya...
Gw cuma berharap temen gw yang akan berangkat ke Jepang tadi bisa mencapai smua impiannya disana...
Dan semoga suatu hari dia mengingat, bahwa sgala 'kepintaran' dan 'kehebatan' yang ada padanya tak terlepas dari dukungan & kondisi bangsa ini sejak dia lahir hingga kini....


Sebobrok apapun bangsa ini, Indonesia tetaplah tanah air gw!!!

0 komentar:

Posting Komentar